Manfaat Daun Pepaya. Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya, berbentuk simetris apabila belahan atas dilipat. Daun pepaya bercita rasa pahit kalau masih muda, tetapi kalau direbus lebih usang zat yang membuatnya jadi pahit akan berkurang.

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Daun Pepaya
Selain biasa dijadikan lalapan, daun pepaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit ataupun memproteksi badan dari aneka macam basil penyebab penyakit. Pada kali ini akan dijelaskan secara ringkas manfaat daun pepaya, tetapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui manfaat buah pepaya.

Kandungan Daun Pepaya

Sebagai tumbuhan bergizi tinggi sudah niscaya alasannya yakni kandungan nutrisinya yang melimpah, berikut diantaranya.
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 
  • Vitamin C
  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium pembentuk tulang
  • Carposide sebagai obat cacing
  • Zat papain yang sama menyerupai pada buahnya, zat ini yang mengakibatkan rasanya pahit.

Manfaat Daun Pepaya

Sementara manfaat daun pepaya sendiri sudah banyak yang menunjukan keefektifannya. Anda sanggup mempercayainya sesudah tahu warta yang akan diulas berikut ini.

1. Obat Batu Ginjal

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Sediakan beberapa lembar daun pepaya segar dari pohon, bilas dengan air kemudian rebus selama 10 menit. Air rebusan daun pepaya diminum hingga habis, selang 30 menit minumlah air kelapa muda. (Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak diperkenankan mencoba pengobatan ini).




2. Obat Sakit Perut Saat Haid

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat TradisionalPersiapkan materi berupa selembar daun pepaya, tumbuk bersama dengan buah asam dan garam. Tambahkan air matang, adonan tersebut diperas dan disaring, diakhiri dengan meminum airnya pada ketika haid.





3. Disentri

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Rebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci higienis dalam panci berisikan 1 liter air dan 1 sendok teh debu kopi hitam, kalau sudah mendidih saring dan minum airnya satu gelas perharinya.





4. Obat Diare

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat TradisionalPersiapkan materi berupa minyak kelapa dan daun pepaya secukupnya. Daun pepaya dilayukan dan rebus bersama minyak kelapa, tempelkan racikan materi tersebut pada perut hingga diare sembuh.





5. Obat Cacing Perut

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat TradisionalSiapkan materi berupa 1 lembar daun pepaya, basuh bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tumbuhan adas pulowaras hingga mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum sesudah cuek setiap malam menjelang tidur.




6. Obat Keputihan

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat TradisionalGunakan 1 lembar daun pepaya yang bersih, kemudian rebus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Air rebusan daun pepaya dan akar alang-alang tersebut Anda saring dan minum airnya hingga habis setiap satu hari sekali.




7. Obat Jerawat

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Langkah awal bersihkan wajah memakai air hangat. Kemudian haluskan daun pepaya dan tumbuk atau diblender, campurkan dengan air. Air hasil adonan daun pepaya (sari) tersebut dicampur dengan masker dan gunakan untuk membalur wajah. Setelah 15 menit mengering, bersihkan dengan air hangat lagi, terakhir usap wajah memakai air dingin.


8. Obat Flek Hitam

 Daun pepaya yakni sayuran yang dipetik dari pohon pepaya 8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Jika bekas abses ataupun noda hitam yang melekat di wajah tidak terlalu banyak, gunakan metode ini. Caranya haluskan daun pepaya dengan cara dibubuhkan atau ditumbuk atau diblender dan tambahkan air. Air sari daun pepaya dicampurkan dalam masker dan aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu 15 menit hingga masker kering dan bersihkan memakai air hangat hingga masker terangkat.

Manfaat daun pepaya diatas tentu tidak terlepas pada kandungan yang terdapat di dalamnya. Perlu juga Anda ketahui bahwa beberapa duduk perkara diatas akan sembuh total kalau dilakukan secara teratur dan terkontrol oleh dokter. Walau bagaimanapun Anda tidak sanggup mengabaikan saran dari jago medis, yaitu dokter.

Sebetulnya masih banyak beberapa manfaat daun pepaya lain, contohnya untuk menambah nafsu makan, membasmi sel kanker, memperlancar sistem pencernaan manusia, mengobati DBD (Demam Berdarah Dengue), kebutuhan nutrisi Balita dan masih banyak lagi.
 
Top